Poker Online

Kamis, 30 Januari 2020

TNI Siapkan Tim Evakuasi di Wuhan


TNI Siapkan Tim Evakuasi di Wuhan

Rama Informasi, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mengevakuasi Masyarakat Negara Indonesia (WNI) yang terisolasi karena Virus Corona di kota Wuhan, China.
Baca Juga : Sore Ini Presiden Putuskan WNI di Wuhan, Hindari Virus Corona
Demikian dikatakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Panglima menjelaskan TNI sudah menyiagakan pesawat-pesawat punya TNI terhitung beberapa perlengkapan yang memberi dukungan dalam rencana mengevakuasi WNI. Tidak hanya menyiagakan pesawat, TNI mempersiapkan tenaga medis.

Panglima TNI sudah memerintah Kapuskes TNI bersama dengan Dinas Kesehatan Angkatan untuk mempersiapkan peralatan-peralatan apapun yang perlu dibawa terhitung pakaian astronot, ruangan isolasi, serta alat untuk memantau panas badan manusia.

"Semuanya telah disediakan, TNI tinggal menanti perintah dari Menlu sebagai leading sector. Pokoknya, kapan saja diberangkatkan TNI siap," sebut Panglima Hadi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto siang hari ini akan mengadakan rapat di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta untuk mengulas eksodus masyarakat negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China. Menurut dia, gagasan pemerintah eksodus beberapa ratus WNI di Wuhan sudah ada.
CASINO ONLINE INDONESIA
"Jadi pilihan (eksodus WNI di Wuhan) itu telah ada. Jadi kelak kita akan merapatkan dahulu di Setneg," kata Terawan di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

Awalnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan eksodus WNI dari Kota Wuhan, Propinsi Hubei, China adalah pilihan terbuka. Tetapi eksodus itu tidak langsung dikerjakan.Karena, Indonesia harus bicara dengan otoritas China.

"Tentu saja eksodus ialah pilihan yang terbuka, tapi eksodus dalam suatu daerah yang (dengan status) lockdown tidak dapat dikerjakan dengan langsung. Kita harus bicara dengan otoritas China sebab ada aturan-aturannya," kata Retno selesai mengeluarkan Keketuaan Indonesia untuk Foreign Policy and Global Health (FPGH) Initiative di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Sesaat, TNI Angkatan Udara mengatakan tengah menanti petunjuk dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk mengevakuasi masyarakat negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China. TNI AU juga pastikan sudah menyiagakan tiga unit pesawat serta personil kesehatan.

Sumber : Liputan6


EmoticonEmoticon