Poker Online

Sabtu, 01 Februari 2020

WNI Yang di Evakuasi Dari Wuhan Sudah Melewati Tahap Screaning dan Cleaning


WNI Yang di Evakuasi Dari Wuhan Sudah Melewati Tahap Screaning dan Cleaning

Rana Informasi, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta Menteri Kesehatan dr Terawan, pastikan, semua masyarakat negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, dalam kondisi sehat.
Baca Juga : WNI di Wuhan Hari Sabtu di Evakuasi
Kejelasan itu didapatkan sesudah lima orang team pendahulu yang telah terlebih dulu di Wuhan menjelaskan, beberapa WNI telah jalani rangkaian tes kesehatan. Baik yang dikerjakan rumah sakit ditempat, atau oleh team pemerintah Indonesia.

"Disana mereka jalani screaning serta cleaning, serta telah dinyatakan mereka dalam keadaan sehat," kata Menlu Retno, dalam info persnya di Ruangan VIP Terminal 1 Lapangan terbang Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020).

Hal sama diutarakan oleh Menkes Terawan. "Yang dibawa pulang semua WNI dalam kondisi sehat. Benar kata Bu Menlu, semua WNI telah di screaning serta clearing," kata dr Terawan.

Walau demikian faksinya tetap lakukan pengamatan dengan intensif pada WNI serta team eksodus. Terhitung saat transit yang akan diresmikan transit pemantauan.

Tetapi, mengingat kondisi ini bukan eksodus normal, pemerintah akan pastikan kedisiplinan perlakuan kesehatan selalu dikerjakan. Baik saat dalam perjalanan atau dalam pesawat, atau waktu datang serta pascaketibaan.

"Jadi, protokol kesehatan tetap digerakkan, sampai saudara-saudara kita dipastikan aman kembali pada keluarganya di Indonesia," papar Terawan.

Sudah diketahui awalnya, sekitar 42 orang yang masuk dalam team eksodus WNI di Wuhan, Cina, diberangkatkan ini hari lewat Terminal 2 Lapangan terbang Internasional Soekarno Hatta. Mereka diperlengkapi oleh alat perlidung diri seperti masker N95, pakaian astronot serta yang lain.

Keseluruhan team eksodus yang pergi ialah 42 orang. Terbagi dalam petugas dari TNI, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta crew maskapai Lion Grup.

Team juga diperlengkapi dengan beberapa peralatan pelindung diri, terhitung masker serta pakaian spesial untuk menjemput 245 WNI di Wuhan.

Walau demikian, Menlu akui jika semua WNI yang dijemput dalam kondisi sehat serta telah melalui waktu screaning serta clearing lebih dulu di Wuhan.

"Keseluruhan ada 245 WNI yang dijemput, ditambah lagi lima team pendahulu yang telah ada di Wuhan," papar Retno.


EmoticonEmoticon