Poker Online

Jumat, 10 Januari 2020

Gerhana Bulan Penumbra


Gerhana Bulan Penumbra

Rana Informasi, Jakarta - Gerhana Bulan Penumbra akan kembali berlangsung serta bisa dilihat di Indonesia. Info ini dipublikasikan oleh Tubuh Meteerologi serta Klimatogi (BMKG) kemarin.
Baca Juga : Polisi Visum Jenazah Lina Mantan Istri Sule
Berdasar info yang diambil dari situs sah BMKG, Jumat (10/1/2020), Gerhana Bulan Penumbra ini mulai berlangsung esok, Sabtu pagi hari, 11 Januari 2020, persisnya 00.05 WIB atau pagi hari.

Dari info yang didapat, waktu Gerhana Bulan Penumbra kesempatan ini ialah 4 jam 08,7 menit. Dengan pembagian, waktu pucuk gerhana jam 02.10 WIB serta waktu berakhirnya jam 04.14.

Menurut BMKG, momen Gerhana Bulan Penumbra ini bisa dilihat di hampir semua daerah Indonesia. Sesaat, sisi paling timur Indonesia dapat mengati momen ini waktu Bulan tenggelam.

Tidak hanya Indonesia, momen ini bisa disaksikan di Asia, Eropa, sejumlah besar Afrika sisi timur, sejumlah kecil Australia sisi barat, serta Samudra Hindia.

Sesaat proses gerhana waktu Bulan keluar bisa dilihat di Afrika sisi barat, Samudra Atlantik, sejumlah kecil Amerika sisi timur laut, serta sebagain kecil Amerika Selatan sisi timur.

Gerhan Bulan Penumbra kesempatan ini adalah anggota ke-16 dari 71 anggota seri Saros 144.
Slot Game Indonesia 
BMKG menjelaskan, gerhana kesempatan ini berasosiasi dengan momen sama pada 30 Desember 2001, sedang gerhana bulan setelah itu yang berasosiasi dengan momen ini berlangsung pada 21 Januari 2038.

Untuk didapati, Gerhana Bulan ialah momen terhalanginya sinar Matahari oleh Bumi, hingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Momen ini berlangsung karena dinamisnya gerakan tempat Matahari, Bumi, serta Bulan. Umumnya, momen ini cuma berlangsung waktu babak purnama serta bisa diperkirakan awalnya.

Tidak hanya Gerhana Bulan Penumbra diawalnya tahun ini, BMKG mencatat ada enam gerhana yang akan berlangsung selama 2020. Untuk tahu, di bawah ini daftar momen itu:
Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020 yang bisa dilihat dari Indonesia
Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020 yang bisa dilihat dari Indonesia
Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 yang bisa dilihat di Indonesia berbentuk Gerhana Matahari Jadi, terkecuali sejumlah besar Jawa serta jadi kecil Sumatra sisi selatan
Gerhana Bulan Penumbra 5 Juli 2020 yang tidak bisa dilihat dari Indonesia
Gerhana Bulan Penumbra 20 November 2020 yang bisa dilihat dari daerah Indonesia sisi barat mendekati gerhana selesai.
Gerhana Matahari Keseluruhan 14 Desember 2020 yang tidak bisa dilihat dari Indonesia

Sumber : Lipuan6


EmoticonEmoticon