Poker Online

Kamis, 13 Februari 2020

Akibat Virus Corona Jumlah Penerbangan Hingga 30 Persen


Akibat Virus Corona Jumlah Penerbangan Hingga 30 Persen

Rana informasi, Jakarta - Efek penebaran virus Corona mulai berasa di sejumlah bidang di Indonesia, diantaranya bidang transportasi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, minimal berlangsung penurunan jumlahnya penerbangan sebesar 30 % sebab penangguhan serta penutupan rute sesaat.
Baca Juga : Lucinta Luna Ajukan Ganti Kelamin ke Pengadilan
Maskapai yang mempunyai rute-rute ke mainland China serta Singapura terpukul keras, walau angka kerugiannya belum dinyatakan.

"Kita memanglah belum dapat pastikan kerugiannya, yang memiliki permasalahan itu rata-rata yang terkait dengan mainland China serta Singapura, yang lain masih baik. Menyusut rata-rata 30 %," tutur Menhub seperti dicatat Kamis (13/02/2020).

Selanjutnya, Menhub sudah lakukan diskusi untuk tutup kekuatan kerugian itu lewat peluang-peluang yang sangat mungkin, seperti buka rute-rute di Asia Selatan.

"Untuk opportunity, yang paling masif itu di Asia Selatan seperti India, Pakistan, Bangladesh, sebab memang sebelumnya ada insiden ini (wabah virus Corona), beberapa duta besar berjumpa saya untuk mendapatkan connecting flight," paparnya.

Oleh karena itu, Menhub langsung minta maskapai penerbangan seperti Garuda Idonesia, Batik Air, Lion Air sampai Air Asia untuk cari konektivitas ke beberapa negara di benua itu.

"Paling lamban bulan Mei ini untuk membuka rute baru, sebab rencana itu tidak langsung bisa saat itu juga," tutur Menhub.

Pemerintah Indonesia mulai pikirkan lebih serius masalah efek virus corona pada perekonomian Indonesia. Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian (Sesmenko) Susiwidjono mengatakan, perkembangan ekonomi Indonesia memiliki kekuatan tergerus di antara 0,11 % sampai 0,30 %.

Hal itu didasarkan penghitungan minggu lantas, hingga kelak besarannya dapat beralih setiap saat.

"Ke kita dapat terkena efeknya 0,11 % sampai 0,30 %. China sendiri dapat turun kemungkinan 1 % sampai 2 %," papar Susiwidjono di Jakarta Pusat, Rabu (12/02/2020).

Tetapi, Susiwidjono masih percaya perkembangan ekonomi Indonesia dapat sampai sasaran 5,3 % tahun ini. Faktanya, walau beberapa bidang terpukul cukup hebat, Indonesia masih dapat bertahan dengan mempunyai langkah pilihan.

Contohnya saja dalam bidang pariwisata, Indonesia akan mengoptimalkan kekuatan pelancong domestik (wisdos). Meski begitu, pasti terdapat beberapa rintangan, mengingat jumlahnya gerakan wisdos tidak tutupi kekuatan kehilangan dari wisatawan China.

Ditambah lagi, wisatawan China diketahui paling royal dalam belanjakan uang mereka waktu liburan.
SLOT GAME INDONESIA
"Pelancong China itu rata-rata spending USD 1.385, semakin besar dari pelancong yang lain yang kurang lebih USD 1.200," tutur Susi.

Serta sebab gerakan manusia dari China lumpuh, bidang penerbangan ikut juga rasakan pahitnya. Tertera sekitar reservasi 2,1 juta bangku pesawat diurungkan.

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono menjelaskan belum terima laporan berkaitan efek virus corona yang menggangu ekspor-impor di bidang batu bara. Tetapi, hal tersebut bisa berlangsung di bidang daya.

"Jika tembaga kemungkinan telah ada pengaruhya," kata Bambang di Komplek DPR MPR RI, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Walau demikian, Bambang tidak tahu berapa besar efek dari virus corona pada pekerjaan perdagangan Indonesia-China di bidang daya serta minerba. Karena, sampai sekarang belumlah ada entrepreneur batu bara yang melapor atau merintih.

"Belumlah ada, semoga jangan ada,"kata Bambang.

Ia meneruskan, export mineral Indonesia ke China terhitung yang terbesar serta punya pengaruh. Tetapi, ia malas memaparkan jumlahnya tentu export minerba ke negeri gorden bambu itu.

"Angkanya saya tidak tahu tentu, tetapi yang pasti China terhitung yang besar, India ," kata Bambang.

Bambang menerangkan, hampir satu bulan virus corona menebar. Walau belumlah ada efeknya buat bidang minerba, tetapi bila ini berjalan lama, ia memprediksi akan punya pengaruh pada bidang ini.

Sumber : Liputan6


EmoticonEmoticon